Inilah Pengertian Riset Pemasaran Online

 On Senin, 13 Januari 2014  

Riset pemasaran online adalah proses dimana perusahaan menggunakan Internet untuk mengumpulkan data guna mengevaluasi seberapa baik produk atau jasa yang dijual kepada konsumen. Informasi yang diberikan oleh analisis pasar online yang dilakukan secara hati-hati juga dapat mengidentifikasi tren populer yang dapat membantu perusahaan dalam menciptakan strategi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Ketika digunakan dengan benar, riset pemasaran online dapat menjadi alat yang efektif bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan secara online.

Selain mengidentifikasi wilayah yang potensial bagi pertumbuhan bisnis, riset pasar online dapat membantu perusahaan mempelajari lebih lanjut tentang target konsumen. Misalnya, jika konsumen membeli jenis produk tertentu dan kemudian kembali untuk membeli aksesoris lainnya, ini merupakan contoh jenis perilaku konsumen yang dapat diukur. Informasi yang dikumpulkan dari melakukan studi riset pasar online sangat membantu untuk melacak berbagai jenis perilaku.

Sebuah studi penelitian pemasaran online dapat dilakukan oleh perusahaan itu sendiri, atau perusahaan dapat memilih untuk menyewa jasa perusahaan luar untuk mengelola hal ini. Bagaimana dan dengan metode apa sebuah perusahaan memutuskan untuk melakukan rencana riset pasar tergantung pada bagaimana tujuan atau anonim perusahaan. Sebuah program penelitian pemasaran online dapat mencakup sejumlah metodologi.

Beberapa perusahaan mungkin menggunakan metode langsung, dimana survei dikirimkan kepada pelanggan yang ada untuk menentukan tingkat kepuasan dan mengumpulkan umpan balik. Sebuah perusahaan juga dapat menghubungi konsumen dan mengumpulkan informasi dari demografis tertentu, seperti kelompok usia, atau wilayah geografis tertentu. Perusahaan juga dapat menggunakan metode "buta", dengan sampel acak.

Dengan munculnya situs media sosial, beberapa perusahaan memanfaatkannya untuk mengumpulkan informasi perilaku pasar yang penting. Beberapa jaringan media sosial besar menawarkan data umum tentang pengguna terdaftar dari situs tersebut untuk manfaat riset pasar. Informasi yang dikumpulkan secara online di jaringan media sosial bisa sangat berharga bagi perusahaan pemasaran.

Menggunakan data riset pasar online merupakan salah satu cara perusahaan menyesuaikan produk yang ada untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Hal ini juga salah satu dari banyak cara bagi perusahaan untuk mengembangkan produk dan jasa  baru untuk konsumen. Perusahaan dengan hati-hati mengevaluasi dan menggunakan data riset pasar online untuk mempengaruhi pasar melalui konsumen.

Ketika bicara masalah ke riset pemasaran online, pemahaman umum adalah bahwa pasar sebagian besar digerakkan oleh konsumen, apa pun yang bisa dilakukan untuk mempengaruhi konsumen adalah positif untuk bisnis. Mempengaruhi konsumen dapat menstimulasi pasar. Hal ini dapat mengakibatkan produk yang lebih baik, ditambah penjualan dan pendapatan yang lebih tinggi bagi perusahaan yang dengan cerdas menggunakan data penelitian.
Inilah Pengertian Riset Pemasaran Online 4.5 5 Tri Laksono Senin, 13 Januari 2014 Riset pemasaran online adalah proses dimana perusahaan menggunakan Internet untuk mengumpulkan data guna mengevaluasi seberapa baik produ...